Obat Anakku


Obat batuk berdahak

4,5bln 7,6kg epexol drop 0,4ml x 3. Klo panas kasih amoxsan 1ml x 3 (harus habis).

Amoxsan tahannya cuman 7 hari.

Utk anak 3thn Bb 12,5 kg obat batuk berdahak epexol 0,6ml x 3.

 

Obat penurun panas

Sanmol drop 1 kg BB = 0,1 ml x 3 saat panas saja

 

Obat pilek

Alco plus drop 1 kg BB = 0,05 ml x 3 saat pilek Saja.

 

 

Advertisements

Cara Sehat Menggunakan Popok Sekali Pakai Untuk Anak


Cara orang merawat anak memang berbeda-beda. karena berbeda-beda tersebut pulalah muncul bermacam-macam argumen atau penilaian. Tapi hal tersebut cukup diambil sisi positifnya saja karena toh yang menjalani dan merasakan bagaimana merawat dan menjaga anak kita ya kita-kita juga.

Sebagai ibu saya juga merasakan hal yang sama, contohnya dalam penggunaan popok sekali pakai atau lebih lekat sebutannya dengan pempers (padahal merknya bisa macam-macam). Analisa saya mengenai penggunaan popok sekali pakai yaitu :

Kelebihan :

  • Anak nyaman karena selalu kering
  • tidur anak jadi ga keganggu, klo pake popok kain, anak pipis basahnya sampe ke pinggang-pinggang, pantat sampai pinggang jadi dingin… kasihan…
  • pup ga kena ke kain (walau kadang dikit kena juga) jadi nyuci nodanya ga tlalu susah
  • rumah jadi selalu bersih
  • yang jaga juga ga harus sering ganti baju karena ompol

 

Kekurangan :

  • mahal

 

Kekurangan menurut “orang” :

  • anak jd ruam popok –> menurut saya ga akan klo kita apik, karena anak saya ga ruam popok.
  • jalannya jadi ga lurus –> in shaa Allah lurus-lurus aja. anak saya yang pertama ga ada masalah dengan jalannya. kata dokter jalan pengaruh dari tulangnya bukan karena popok.
  • Ibunya ga mau repot –> kok repot, ngurusin anak sendiri ini.. apalagi klo ada yg bantu.. tinggal kasih pembantu… Gampang…

 

Tips agar bayi ga ruam popok dan selalu nyaman :

  1. pilih popok yang nyaman. Harga memang penting, tapi jadikan harga faktor kedua, yang paling penting bahannya enak dan nyaman buat anak.
  2. Ganti popok maksimal 2 jam sekali. atau klo udah dirasa penuh ganti langsung. (kadang saya juga suka lebih   … 😦   )
  3. Cebokin anak setiap ganti popok, walau dia pup atau ga.

 

Kegiatan ganti popok anak (terutama bayi, kalo anak dah gede bisa langsung bawa ke kamar mandi).

  1. Siapkan kapas dan air.Kalau saya menggunakan kapas yang seperti bola-bola. Simpan lah kapas di toples sendiri dan Air basuh di botol tersendiri. Karena kita ga tau bagaimana kualitas air di rumah kita dan bagaimana sensitivitas kulit bayi kita, maka sebaiknya gunakan air mineral saja.
  2. periksalah popok bayi, apakah dia pup atau ga. perlu dilakukan agar kapas yang diambil tidak terlalu banyak.
  3. Sisihkan beberapa kapas ke dalam tutup toples tempat kita simpan kapas tadi. banyak atau sedikit kapas yang disisihkan tergantung perkiraan bunda, dilihat dari kebutuhan anaknya pup atau ga. kemudian siram dengan air dari botol yang sudah kita siapkan. Karena kapas yang saya gunakan kapas bola, maka sebelum disiram air kapasnya saya lebarkan dulu.
  4. bersihkan pantat bayi dengan kapas-kapas yang basah tersebut. Dengan menggunakan kapas yang basah akan membuat pantat bayi segar. Lakukan sampai bersih.. Kalo sudah bersih dan kapas yang disiapkan habis, siramlah pantat bayi dengan air sisanya..
  5. Ganti popok bayi dengan yang baru, keringkan tutup toples dengan tisu, tutup kembali, selesai.
  6. Bayi senang, bersih, dan segar..

 

Semoga bermanfaat ya ibu-ibu.

 

Teman Ibu Hamil dan Ibu Menyusui Saat Ga Enak Badan


Dari mulai hamil kemudian menyusui dan hamil lagi dan sekarang lagi menyusui lagi, saya tidak pernah lupa stok Rosella kering di rumah. Jika sudah mulai terasa nyut-nyut, malamnya langsung rebus dan minum. alhamdulillah paginya sudah hilang. Jadi saya tidak perlu mikir pake obat apa

Pengalaman saya penyakit yang bisa dihadang dengan Rosella yaitu :

1. pusing

2. migren

3. sakit gigi

4. Tenggorokan mulai gatal

 

Tips nya jika sudah mulai terasa ga enak badan, langsung minum malamnya. In Shaa Allah paginya sudah hilang.

Dengan mengkonsumsi minuman ini, ibu hamil atau menyusui tidak perlu khawatir karena ramuan ini alami. Dan buat ASI juga bagus. Belinya sangat gampang sekali. Biasanya di supermarket ada di tempat bumbu-bumbuan, atau gula batu kiloan. Selain itu di apotik juga suka ada.

Selamat mencoba dan tetap sehat ya ibu-ibu.

 

Semoga Bermanfaat

images

 

Dilema Antara Sendok, Gelas, dan Dot


Baby sheena sekarang baru berumur 2 bulan 1 minggu. Dan baru satu minggu ku tinggal kerja dari jam 7 pagi sampai setengah 6-an sore.
Hari pertama senin ku tinggal, dan keadaan aman lancar. ASIP yang ku sediakan buat di minumin sekitar 160 ml dijadikan 4 botol, satu botol lain sebagai simpanan berisi sekitar 50 ml, dan satu botol simpanan lain lagi berisi sekitar 150ml. Info dari neneknya si dedek mau minum ngedot (pake dot huki orthodentic kuning). Dalam sehari itu dia hampir menghabiskan 200ml ASIP ( sisa dikit banget dibotol terakhir).
Hari kedua ternyata keadaan tidak sama. Info dari rumah bahwa dedek sama sekali ga mau mimik. Segala cara dan posisi sudah dicoba. Pake dot maupun pake sendok, semua gagal total. Dari pago sampe siang ga lebih dari 5ml ASIP yang habis, dan dedeknya nangis terus. Walhasil aku kabur pulang.
Hari rabu akhirnya anak2ku (kakak 2th 9bl dan dedek ) ku bawa ke penitipan anak deket kantor ditemenin suamiku. Hal yg sama juga kejadian. Dedek ga mau mimik dari botol sama sekali. Jadi dia hanya mimik waktu dimobil otw kantor (sekitar jam 8pagi), kemudian mimik lagi waktu istirahat maksi (waktu itu hampir jam 1 siang). Sorenya juga ga mau mimik botol, jadinya aku mimik in lagi pas pulang jam setengah 5 an sore.
Hari kamis ini kebetulan hari libur jadinya aku full dirumah. Tadi siang kucobain ngasih pake botol. Pagi2 dipanasin sekitar 50ml. Ku kasihin pake segala cara dengan botol, gagal total. Masuk dikit banget, itu juga krn netes2. ASIP jadi kebuang. Selanjutnya kupanasin 20ml saja. Dedek lagi diem n posisi seneng ku coba kasihin lagi. Walau ga sengaja ditelan tapi lambat laun abis juga. Tapi tetep dot nya ga dihisap. Jadi ASIP nya abis krn netes n “ketelan”. Selanjutnya kupanasin lagi sekitar 30ml dan coba dengan metoda yang sama. Ternyata ga berhasil. ASIP nya kebuang lagi.
Besok jumat aku mesti kerja lagi, tapi ga tau nih besok dedek bakal mau mimik atau ga. Baca2 artikel di i-net katanya tidak dianjurkan pake dot, bagusnya pake sendok atau gelas (cup feeder).
Teori buat besok, dedek lagi diem n seneng, coba in kasih mimik pake sendok seberapa masuknya. Yang penting dedek diem n ASIP ada yang masuk dan dedek ga nangis terus2an. Kalo kata ahli di inet, baby itu cerdas, kurang mimik disiang hari, dia akan balas dendam di malam hari saat mimik langsung dari ibunya. Semoga saja berhasil.

Bayi gumoh setelah diberi ASI


Bayi saya selalu gumoh
Umumnya bayi akan memuntahkan susu atau ‘gumoh’ disertai dengan sendawa setelah diberi ASI. Kebiasaan gumoh pada bayi tidak sama antara satu bayi dengan bayi lainnya. Ada bayi yang gumoh lebih banyak dibandingkan bayi lainnya. Hal tersebut normal terjadi. Bila bayi Ibu gumoh cukup banyak, ada kemungkinan ia ingin diberi ASI lebih sering.
Continue reading

Perkembangan Bayi Saat Berusia 10 – 11 Bulan


Langkah dan Kata Pertama.
Meskipun belum lancar, bayi Ibu akan segera mengucapkan kata pertamanya dan – dengan sedikit bantuan Ibu, ia melakukan langkah-langkah goyahnya.  Perubahan dari  merangkak ke berjalan dan berbicara, sungguh menarik untuk diikuti. Ibu bisa mengabadikan perkembangan si kecil dari bulan ke bulan dengan kamera. Ingat, langkah dan kata pertama yang diucapkan si kecil  kadang terjadi diluar dugaan Ibu. Karena itu, jangan sampai terlewat dari perhatian Ibu.
Continue reading

Perkembangan Bayi Saat Berusia 7 – 9 Bulan


Saat bayi mulai mejelajah rumah
Kemampuan merangkak bayi di usia ini makin meningkat. Dia makin aktif dan membutuhkan banyak ruang untuk menjelajah kesana kemari. Artinya, ada pekerjaan tambahan menanti Ibu, karena penjelajahan si kecil akan menjadi hal baru yang sangat penting. Hal lain yang penting Ibu lakukan juga adalah menyingkirkan perabot rumah yang mudah dijangkau si kecil. Beri pengaman pada setiap sudut meja, pengait laci atau pintu agar tidak bisa ia buka, dan tutup stop kontak listrik. Di usia 7 bulan ini , dia juga akan menemukan banyak hal baru yang bisa diambil dan dibuang, cobalah memberinya benda-benda ringan yang bisa dilemparnya, seperti boneka,bola atau bantal.
Continue reading

Perkembangan Bayi Saat Berusia 4 – 6 Bulan


Bayi Ibu hampir bisa duduk.
Rasanya baru baru kemarin Ibu meninggalkan rumah sakit dengan membawa pulang bayi Ibu yang baru lahir. Dan sekarang Ibu sampai pada serangkaian perkembangan baru bayi Ibu  yang menyenangkan.
*      Bila dibaringkan telungkup, ia mampu menggunakan kedua tangannya untuk menahan tubuhnya dan mulai belajar merangkak.
*      Mulai belajar mengguling-gulingkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri.
*      Lengan, tubuh bagian atas dan leher bayi Ibu semakin kuat, dan sebentar lagi dia akan bisa duduk tanpa bantuan.

Continue reading

Perkembangan Bayi Saat Berusia Tiga Bulan


Bayi Ibu menegakkan kepalanya
Di usia 3 bulan, bayi Ibu sudah bisa menegakkan kepalanya sejajar dengan tubuh dan  menggunakan tangan sebagai penopang. Ia juga mulai bisa belajar mengangkat bisa meneggerakan otot tangan dan kakinya. Itu sebabnya, Ibu akan melihat si kecil mampu meraih serta menggenggam benda-benda kecil yang Ibu berikan padanya.

Continue reading

Perkembangan Bayi Saat Berusia Dua Bulan


Bayi Ibu mengenali Ibunya
Ibu adalah orang yang paling dikenal oleh bayi Ibu.  Lakukan saling berpIbungan muka dengannya, sesering mungkin. Dalam pelukan Ibu, ia merasa nyaman hingga jika diangkat orang lain ia kan menagis. Biasanya ia akan menggerakkan tangannya jika dia  senang dan merasa nyaman dengan menghisap jemari jari.
Continue reading

Perkembangan Bayi Saat Berusia satu bulan


Dari Lahir Sampai Menjadi Bayi
Semakin bertambah usia, bayi Ibu makin beda penampilannya dibanding ketika baru baru lahir, meski kakinya mungkin masih agak bengkok. Dia mulai mampu mengangkat kepalanya sedikit saat  tengkurap. Tangannya masih tetap terkepal dan jemarinya akan otomatis menggenggam erat apa pun yang disentuhnya. Continue reading

Perkembangan Bayi Saat Baru Lahir


Minggu-minggu Pertama
Setelah selama 9 bulan berada dalam rahim Ibu yang hangat dan  nyaman, tidak mengherankan jika minggu pertamanya dihabiskan untuk membiasakan diri dengan dunia baru yang menakjubkan di sekitarnya. Upaya penyesuaian diri ini bisa membuat Ibu sibuk di minggu-minggu pertama. Karena, seperti halnya si kecil, tahap ini menjadi masa perkenalan Ibu dengannya.
Continue reading

Perkembangan Bayi Setelah Lahir Dari Bulan Ke Bulan


Saat bayi berumur 1 bulan
Ia akan melakukan gerakan-gerakan yang merupakan refleks, seperti membuka mulut, mencari puting susu, menghisap, dan menelan. Jika pipinya disentuh, maka ia akan menggerakkan kepalanya ke arah yang sama. Ia sudah dapat tersenyum. Matanya diarahkan ke arah tertentu seperti tembok atau jendela, karena belum dapat melihat benda-benda yang terletak jauh dengan jelas. Ia sering kali memasukkan tinju dan jarinya ke dalam mulut. Ia memegang jari yang disodorkan pada telapak tangannya. Ia akan menangis jika merasa lapar. Jika ditidurkan dalam keadaan tengkurap, ia akan menggerakan kepalanya ke sisi. Tidur secara terus menerus, dan hanya bangun untuk disusui atau mendapat botol untuk dihisap. Continue reading

Daya Tahan ASIP


Di ruang terbuka (suhu normal tanpa AC) : ASIP tahan sekitar 4 jam, ada yg bilang bisa bertahan sekitar 6-8 jam, tapi untuk berjaga2 mending ambil yg paling minimum deh…

Di dalam kulkas bawah : ASIP dapat bertahan selama 3×24 jam, ini apabila ASI diletakkan bersama-sama dg bahan makanan lainnya.  namun ada yg bilang klo disimpan di kulkas bawah dalam kontainer khusus ASI, maka daya tahannya meningkat menjadi 7-8 hari.

Dalam freezer kulkas 1 pintu: ASIP bertahan selama maksimal 2 minggu

Dalam freezer kulkas 2 pintu : daya tahan ASIP meningkat menjadi 3 bulan

Dalam freezer khusus: ASIp bertahan hingga 6 bulan.

Namun perlu diingat ya bunda, ASIP yang dimasukkan di freezer relatif lebih banyak kehilangan zat gizi dibandingkan dg ASIp yg disimpan dlm kulkas bawah, namun zat gizi yg hilang tentu saja tidak signifikan apabila dibandingkan dg bunda memberikan sufor, karena tetap ASI lah yg lebih baik. Jadi, bunda dapat memilih dg bijak, apakah ingin menerapkan sistem FIFO(first in, first out) untuk ASIP dari freezer dengan memberikan ASI kepada bayi dg menggunakan ASIP freezer, atau menggabungkan antara ASIP freezer dg ASI segar.