Benjolan di Payudara Ketika Menyusui


T: Saat bayi saya berusia 2 bulan, saya mendapati ada benjolan pada payudara kiri. Dari buku yang saya baca, benjolan tersebut bisa saja terjadi karena penyumbatan ASI dan akan hilang dalam beberapa minggu. Tapi sampai saat ini, bayi saya sudah berusia 7 bulan benjolan tersebut masih ada dan bila ditekan tidak terasa sakit. Berbahayakah benjolan ini?

 

J: Benjolan pada payudara yang timbul pada masa menyusui memang seringkali disebabkan oleh tidak terjadinya pengosongan payudara, dan ini tidak berbahaya. Penyebabnya bisa karena bra yang terlalu ketat, jari ibu yang menekan payudara agar tidak menutup hidung bayi atau gangguan tangan bayi.

 

Selain itu, hambatan pengosongan payudara dapat disebabkan pengisapan yang kurang optimal, posisi dan perlekatan yang kurang tepat, pemberian ASI yang tidak teratur, jarang menyusui dan ASI yang melimpah.

 

Untuk mengatasinya, kompres dengan air hangat dan lakukan pijatan dengan lembut sebelum menyusui dan selama menyusui. Tekan secara lembut daerah di belakang benjolan tersebut untuk memperlancar aliran ASI.

Sumber : AyahBunda.Co.Id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s