Radheika[dot]Com

The place to share of

Ajak Suami Memahami Kehamilan Juga…..


#
“Buku Pintar” Oleh dr.Suririnah
” Ini kehamilan pertama saya, kenapa saya rasanya mau marah-marah aja sama suami, padahal suami tidak buat salah tapi rasanya kesel aja. Setelah marah rasanya sedih. Apa ini krn sy hamil ya?” (Ibu MR, IP Address: 125.166.217.41)

” Ibu…kenapa sih istri saya yang lagi hamil ini lebih sensitip, jadi pemarah dan cengeng tapi ditanya kenapa dia jawab dia juga gak tau….apa tidak menganggu anak saya nanti dan saya mesti gimana” ( Bapak T, IP Address: 202.93.37.101)

Apakah hal ini terjadi pada Anda juga????

Masih banyak lagi perubahan emosional yang memengaruhi ibu hamil sehingga menyebabkan emosi tidak stabil. Hal ini disebabkan oleh karena perubahan hormon tubuh selama kehamilan dan juga adanya tanggung jawab baru sebagai seorang calon ibu. Ini merupakan keluhan umum dan normal selama kehamilan, biasanya bersamaan dengan waktu tubuh ibu hamil akan menyesuaikan diri dengan perubahan hormon dalam tubuhnya dan menikmati perjalanan kehamilan dengan lebih menyenangkan.

Salah satu bagian terpenting dalam mengatasi hal ini diperlukan bantuan dan pengertian dari pihak2 terdekat, terutama suami. Bila suami memahami bahwa istrinya yang sedang hamil, tiba-tiba lebih sensitif, lebih cengeng, lebih suka marah dll adalah karena perubahan emosi yang timbul sebagai bagian dari proses kehamilan, maka cara suami menghadapi emosi sang istri akan lebih sabar dan bijaksana.

Namun dapat diduga apa yang terjadi bila suami tak memahami atau tak mau tahui terhadap perubahan emosi ini, maka dukungan yang seharusnya dibutuhkan si iistri tidak akan pernah ada. Oleh karenanya bagi para ibu hamil, alangkah bijaksana menyertakan para suami untuk juga memahami apa yang terjadi selama kehamilan. Dengan komunikasi yang baik dan terbuka dengan pasangan Anda maka setiap perubahan emosi ini akan lebih mudah dijalani oleh para ibu hamil.

Buat para ibu hamil atau bunda yang memiliki pengalaman mengenai perubahan emosi Anda selama hamil. Ayo kita saling sharing pengalaman…..

Semoga bermanfaat…..
over a year ago · Report
#
Betha Mp
mo ikutan sharing nih…
wkt hamil bulan2 pertama pernah rasanya maunya marah mdh tersinggung bgt….. untung misua sabar n perhatian bgt trus jadinya kacian jg liat misua ngak salah2 bgt kok sy marah2in…ngak tau gmn sadar sendiri pas mo marah ….ingat muka misua yg bae…lama2 trus udah balik ok lagi…mgkn tubuh sy dah adaptasi kali…:)

jadi emang bener ibu2 peranan suami mendukung bgt sm perasaan kita ini….
bl suami ikutan marah….huuuukkkk gmn ngak nambah2 ruwet ya prsn kita yg lg hamil….

ada yg py pengalaman lain ngak?….

lam kenal….

over a year ago · Report
#
Indriana Ardian
Assalammualaikum,

Salam kenal buat semuanya… Nama Indri. Ini kehamilan pertamaku dan sudah memasuki usia kandungan 12 minggu. Dari awal kehamilan sampai sekarang sich yang aku rasain sich emang mudah tersinggung, pokoknya sensitif banget dech. Klo sama suami sich kadang2 pengennya marah2 klo dia gak ngerti kemauan kita apa. Pokoknya selama kehamilan, aku tuch pengennya dimanja, diperhatiin, disayang2 gitu dech. Trus tuch kemauan aku harus segera di kabulin, klo gak bawaannya pengen ngambek ajach. hehehe.

Untuk memberikan pengertian sama suami dan buat diriku juga sich (karena ini kehamilan pertama kami, dan masih buta tentang kehamilan), hampir setiap hari aku browsing2 di internet tentang kehamilan (awal kehamilan, perkembangan janin, makanan ibu hamil, persalinan, usg, pokoknya semua yang berhubungan tentang kehamilan sampai persalinan) kemudian aku kliping menjadi 1 folder, dan diberikan pembatas antar artikel yang satu dengan yang lainnya. Kemudian di taro di meja komputer deket tempat tidur, jadi biar suami juga ikutan baca, biar dia ngerti rasanya mengandung bayi dan apa yang harus dilakukan oleh suami.

Aduh… jadi curhat yach.. hehehe. Semoga bermanfaat dech, klo ada yang mo nanggepin silahkan…… saling sharing ajach yach…. Thanks…

Wassalammualaikum,
Indriana Ardian
over a year ago · Report
#
Rini Utami Baskoro
saya baru menikah 6 bln yg lalu, kepingin bgt cepet hamil, tapi blm jg.
kasih topik ttg caranya biar cepet hamil dong…plissss
over a year ago · Report
#
“Buku Pintar” Oleh dr.Suririnah
Dear all,

Yuk ikutan diskusi dan sharing ….di topik “Sharing ….Ingin Hamil??”

Juga beberapa tips untuk pasanganyang ingin hamil.

Silakan klik link dibawah ini :

http://www.facebook.com/topic.php?uid=74555656958&topic=9833

Terima kasih.

over a year ago · Report
#
Nayuta Onlineshop
untungna aq dpt suami yg pngertian. dy gq mslh klo aq marah” ato ngomel gq jelas. yg penting jelas aq marah na knp.
klopun gq jelas…paling dy diem. ujung”na ngbrol nimbrung bareng…ngebahas knp td aq marah ato diem. hhi*

klo buku khamilan sih…uda numpuk. tp suamiku kurang hobby baca buku. jd klo aq abis baca buku…ad yg menarik…mlm na pasti aq sharing dgn suami.
yg pasti…suami senang skali dgn stiap pkembangan yg ada.

tmasuk dgn prubahan fisik aq.
krn kadang aq suka bingung mu pake baju ap klo hangout. secara…size baju dah pd sempit smua.
yg pasti..klo qt ad mslh, tiba” ngambeq..marah..diem gq jelas…klo mood qt uda balik lg…iia jelasin aj ma suami atas ap yg uda tjadi barusan. hoho….

intinya….nikmatin ajj stiap proses dan prubahan atas kehamilan kita.
smua na indah.

selamat menikmati para ibu hamil. hehe…….
over a year ago · Report
#
Yulia Kumalasanti
Dear all…
ikutan sharing yah? Ini kehamilan pertamaku dan alhamdulillah udah masuk minggu ke 7. Perubahan yang kurasakan seh jelas baju yang udah mulai kesempitan cz aku ga ada mual/muntah ‘n semua makanan di happppp :) Klo emosi,sensitif seh iya..tapi banyakan diem ato mentok2 nangis ga ada sebabnya..klo yang ampe marah2,alhamdulillah ga.Mungkin karena masih muda kali yaaa kandungannya? Lagian juga suami jauh banget.Klo mo marah rugi di pulsa.Telpon cuma buat ngamuk2.hehe..Trus aku nemuin cara buat ngredam emosiku (klo pas lagi muncul tapi ga tau gimana nyalurinnya),yaitu baca Al Qur’an.Walopun terbata-bata (krn masih belajar) tapi alhamdulillah ampuh ngredam.Thanks to my husband yang udah kasih anjuran baca Al Qur’an itu…I Love U full lah…
Klo soal perubahan fisik,suami juga ngertiin. Malah aku yang suka takut bisa langsing lagi ga ya?Padahal aku termasuk yg jaga body bener2.Suami bilang klo ternyata abis nyusuin aq masih ndut aja,aku bisa senam dan si kecil papanya yang jaga..
Hm…yang penting nikmatin aja..bener ga ibu2 cantik??
over a year ago · Report
#
Fahria Karenina Larasati
Saat ini saya sedang hamil anak kedua, usia kehamilan saya saat ini sudah masuk minggu ketujuh. Saya salah satu wanita hamil yang merasakan morning sickness, uhhh rasanya gak enak banget, setiap malam dan pagi selalu mual, kadang siang juga, rasanya cape banget ngadepinnya…..ga ada obat yang bisa menyembuhkan rasa mual. Dokter dah kasih obat mualnya tapi bukan menghilangkan mual malah tambah jadi. obat folatnya juga gak keminum karena bikin muntah….aduhhhhh bener2 kesiksa….kepengen semuanya cepat berlalu….jangan sampe deh temen2 semua ngerasain yang saya rasain sekarang…….lam kenal semuanya
over a year ago · Report
#
Herinzany Faisal
istri saya dah masuk bulan ke 2… kok berat badan ga nambah ya?
over a year ago · Report
#
Fadilla Amelia
salam kenal semuanya……
ini kehamilan pertamaku.aku baru test pack aja dan belum ke dokter kandungan. kata ibu mertua sich mending ke dokternya pas bln kedua aja. yang bener yang gmn ya???
kalo 2hari kemaren bawa’annya cuman lapar dan mual. hari ini g begitu sering lapar lagi, tapi mual dan emosiku kok jadi cengeng gini tanpa sebab.apa semuanya normal aja?
aku berusaha menikmati kehamilan ini
tolong buat yg sdh pengalaman soal ini, share ke aku ya?/
thx all
over a year ago · Report
#
Gusnita Ariani
Salam kenal semuanya…
Saya hamil 4 minggu, trus bawaan sensi gt, pengennya marah2 melulu n plampiasanku sapa lg klo bkn suamiku.aq pengen perhatian yg full dari dia krn aq mrasa perhatiannya kurang slama ini.maklum aja tempat kerja suamiku diluar kota dan kami bertemu sminggu skali. Ada yang aneh dimasa kehamilannku ini,aq sering mimpi buruk disertai rasa ketakutan yg berlebihan,trus stiap liat nasi langsung mual,gimana nih solusinya??apakah yang saya rasakan ini masih dalam tahap kewajaran??
over a year ago · Report
#
Meilya Indah
hai semua…..
sebenarnya kehamilan ini mendadak juga datangnya……karena kami gak kb, padahal anak ke dua belum genap dua tahun dan masih asi.
waduhhh stress…..tapi seneng juga dapat rezeki, Allah memberi amanah lagi, dan ini kehamilan yang paling berat dari pada yang pertama dan kedua……..
cepet capek, lemes, ngantuk, apalagi pas trimester pertama, mual, susah makan, muntah-muntah, sampai turun bb 4 kg.
alhamdullillah sekarang masuk ke 5 bulan, agak mendingan
ternyata kata dokter, pas periksa di bulan ke 4, harusnya aku mengandung anak kembar karena sudah disiapkan dua tempat, tapi satunya gak berkembang….masyaAllah maha besar Allah, ko bisa ya? padahal gak ada turunan di keluarga suami dan aku yang kembar.
and now i just enjoy it….meski bingung juga nih ntar yang njaga kalo aku kerja siapa? susah nyari pembantu

Sumber

About these ads

Single Post Navigation

2 thoughts on “Ajak Suami Memahami Kehamilan Juga…..

  1. faruq on said:

    ass…. saya Ayah dari 2 anak yg baru pertama ini ngerasain istri saya hamil yg anak ke 3.
    Awalnya saya gak tau klo itu semuanya bawaan klo lagi hamil, ckckckckckck…………, saya sendiri sampe pusing hadapinnya. setiap saya ngomong dia selalu naik emosinya padahal dia gak emosian yg saya tahu. Akhirnya saya paham, & saya sepertinya harus lebih sabar lagi & bijaksana menghadapinya. & saya gak mau klo nantinya sampe terjadi sama janin yg ada didalam kandungannya. huuuhhhh,…………

    Bagi pengalaman sama seperti saya harap lebih berhati2 & ikutin aja kemauan istri.
    Thanks.

    • radheika on said:

      Wah syukurlah pak.. klo saya pengalaman anak pertama, sekarang baru mau 4 bulan. memang benar saat hamil yang saya rasakan banyak sekali perubahan. cepet capek, badan rasa ga enak, trus jorok, bau badan, bau mulut. emosi juga jadi labil, maunya didengerin aja. saya juga lebih manja. maunya deket suami aja.
      sebelumnya saya ini pribadi yang cendrung cuek, dan agak tomboy. tapi dengan hamil semua berubah drastis. suami saya mungkin juga agak aneh dengan perubahan ini, tapi sejalan waktu dia juga mulai mengerti dan menyeimbangi saya.
      saat hamil memang saat2 dimana peran suami sangat dibutuhkan. perhatian suami memang berpengaruh banget sama kondisi fisik saya. jika suami cuek atau malah jadi pemarah karena keluhan kita banyak, seakan ngaruh ke kondisi badan, dimana biasanya aja badan udah pegel, dicuekin suami bikin badan makin pegel. kedengerannya dibuat2 tapi memang gtu adanya, mungkin aspek psikologinya memberi pengaruh ke fisik. dan jangan heran klo saat hamil istri jadi sangat cemburuan. karena ternyata yg banyak saya baca juga jadi bahan pikiran saya. seperti keadaan badan yang makin jadi ga berbentuk, bau, kucel, cepek capek membuat perasaan takut ditinggalin gede banget. nanti habis melahirkan apa say6a bisa seperti dulu lagi, apa suami masih mau nerima kayak gni.. dll……………

      tapi memang mungkin disitulah seninya menikah, hamil, dan akhirnya punya anak…

      Mudah2an semua dilancarkan oleh ALLAH SWT.
      Aminnnn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: