BMKG Prediksi Hujan Landa Jakarta Hingga Maret 2011


Selasa, 5 Oktober 2010 19:55 WIB

Jakarta, (tvOne)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan melanda Jakarta hingga Maret 2011. Sementara untuk wilayah Indonesia, BMKG menghimbau waspadai Gelombang La Nina yang akan terjadi sampai Februari 2011 mendatang.

Menurut kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrim BMKG, Kukuh Ribuiyanto, musim hujan akan terjadi pada November hingga Februari dengan kapasitas curah hujan tinggi dan lebat dengan waktu lama. ” Hal ini karena dipengaruhi oleh gelombang La Nina yang diperkirakan terjadi sampai Februari 2011,” jelasnya.

Terkait kondisi peralihan cuaca dari musim kemarau ke penghujan dari tanggal 5-7 oktober 2010, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca. Pasalnya, ada daerah tekanan rendah di Samudra Hindia sebelah barat daya bengkulu, serta pusaran angin tertutup di laut cina selatan. Serta ada daerah pumpunan angin yang memanjang dari laut jawa bagian timur hingga samudra hindia sebelah barat bengkulu dan dari laut arafura bagian utara hingga laut maluku.

Adapun daerah yang akan dilanda hujan lebat dengan petir dan angin kencang diantaranya, Sumatera Utara bagian timur, Pantai Barat Sumbar, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Barat, timur bagian selatan dan timur, dan Kalimantan tengah bagian barat, Jakarta bagian selatan dan barat banten jawa barat, nusa tenggara barat, sulawesi utara dan tenggara, gorontalo, maluku tengah, papua bagian barat dan tengah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s