Resep Sup – Zupa Soup Berbagai Cara


Bahan :

  • 1500 ml putih telur
  • 750 gr fillet ayam, buang lemak, iris dadu kecil.
  • 500 g vegetable mix siap pakai
  • 2500 ml kaldu ayam
  • 6 siung bawang putih, memarkan tumis sebentar
  • 4 sdm minyak sawit, untuk menumis.
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdm garam (secukupnya)
  • 4 btg daun bawang, potong serong

Pelengkap:

Puff pastry, gilas dan tipiskan, potong sesuai mangkuk yang digunakakan.

Cara Membuat:

  1. Taruh putih telur dalam pinggan, kukus hingga mengeras dan matang, angkat, dinginkan. Potong dadu kecil.
  2. Didihkan air, masukkan tumisan bawang putih, daging ayam, merica bubuk, dan garam. Masak hingga ayam matang.
  3. Masukkan vegetable mix, putih telur, dan daun bawang aduk rata. Masak hingga kuah mendidih dan matang, angkat.
  4. Tuang ke dalam mangkuk kecil-kecil, tutup dengan puff pastry, panggang selama 10 menit atau hingga matang.
  5. Sajikan selagi panas.

Nilai gizi per porsi :

Energi : 163 kalori

serat : 3,3 gr

kolesterol: 7,0 mg

====================================================================================

bahan :
1 buah dada ayam ukuran besar, rebus lalu potong-potong.
Air rebusannya disisihkan
100 gr udang (ukuran kecil aja)
1 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih
1 kaleng jagung dan kacang polong
1/2 blok kaldu rasa ayam
200 ml krim/slagroom
100 susu putih cair
5 sdm tepung terigu, larutkan dengan sedikit air
1/2 sdt lada bubuk
Garam secukupnya
Mentega untuk menumis
puff pastry (yang udah jadi aja praktis lagian kalau bikin juga gak bisa :D )

cara membuat :
– Didihkan kembali kaldu rebusan ayam
– Sementara itu tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum diwadah terpisah
– Masukkan ayam dan udang
– Selanjutnya masukan tumisan kedalam kaldu yang telah mendidih
– Masukkan jagung dan kacang polong, kaldu blok, garam, dan lada. aduk rata, didihkan.
– Tuangi krim, susu dan larutan tepung terigu, aduk hingga mengental.
– siapkan mangkuk, isikan sup kira-kira 3/4-nya, tutup dengan pastry diatasnya.
– masukkan dalam oven, panggang dengan suhu 225 derajat selama 15 menit, hingga pastry kecoklatan.

==========================================================================================

Ingredients:
bahan :
1 dada ayam ukuran kecil (dgn tulangnya), rebus dengan 1 siung bawang putih geprek
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
minyak untuk menumis
1 kaleng jagung krim, kalau ingin lebih halus tekstur supnya, jagung krim ini diblender dulu
1/2 kaleng jamur apa aja, tiriskan, cuci
2 kaldu blok rasa ayam
2 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
100 ml krim kental
4 sdm tepung terigu, larutkan dengan sedikit air
2 batang parsley, cincang halus

bahan penutup :
puff pastry siap pakai, potong kotak dengan ukuran lebih besar sedikit dari ukuran mangkok

Directions:
cara membuat :
– tiriskan dada ayam, potong-potong kecil dagingnya
– tumis bawang bombay hingga harum, masukkan ke dalam kaldu
– masukkan jagung krim, jamur, kaldu blok, garam, dan lada. aduk rata, didihkan.
– masukkan krim kental dan larutan tepung terigu, aduk hingga mengental.
– masukkan daun parsley, aduk rata.
– siapkan mangkuk, isikan sup secukupnya, tutup dengan pastry, tekan-tekan sekeliling bibir mangkuk.
– masukkan dalam oven, panggang dengan suhu 225oC selama 15 menit, hingga pastry kecoklatan.

Berbagai Sumber


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s