2009-2010, 150 Lahan Pertanian Kekeringan


VIVAnews – Pemerintah memperkirakan pada tahun ini sampai 2010, sekitar 80 ribu sampai 150 ribu hektare lahan pertanian di Indonesia akan mengalami kekeringan. Hal itu terjadi menyusul perkiraan Fenomena El Nino yang terjadi pada akhir tahun ini dan menjelang awal tahun depan.

Deputi Menko Perekonomian Bidang Pertanian dan Kelautan Bayu Krisnamurthi mengatakan, Kantor Menko Perekonomian sudah mendapatkan pemberitahuan fenomena El Nino ini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jakarta.

“Perkiraan El Nino 2009-2010 baik oleh BMKG atau dari berbagai sumber lain, pada September, Oktober, dan Desember 2009, El Nino moderat. Sedang untuk November 2009 dan Januari 2010 perkiraan moderat ke kuat,” kata dia dalam jumpa pers di Kantor Menko Perekonomian, Senin, 27 Juli 2009.

Dari sekitar 150 ribu hektare tersebut diperkirakan 300 ribu petani akan terkena dampaknya. Selain itu, diperkirakan antara 10-35 ribu hektare lahan tani akan mengalami puso.

Bayu mengatakan, untuk mengantisipasi hal itu instansi terkait seperti Departemen Pekerjaan Umum akan segera melakukan program optimasi tahun depan.

“Optimasi ini seperti lumbung padi dan DAM curah hujan. Di Deptan juga disiapkan program pompanisasi, dukungan puso untuk petani dan hujan buatan,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah pusat juga diupayakan mendorong pemerintah daerah agar bekerja sama dengan perusahaan swasta guna mendorong CSR perusahaan untuk penyediaan tangki-tangki air bersih.

Sebagaimana menurut keterangan BMKG bahwa dampak El Nino akan menyebabkan kekeringan di Indonesia. Namun, perkiraan El Nino tahun ini tidak separah kejadian fenomena El Nino yang terjadi 10 tahun lalu.

Bayu menuturkan, meski tidak parah, tapi pemerintah akan mengantisipasi dampaknya. “Setidaknya, kita juga menganggarkan dana antara Rp 2-3 triliun untuk antisipasi fenomena ini,” katanya.

antique.putra@vivanews.com

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s