Pengadaan CPNS 2009 Online (www.pu.go.id)


DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM
REPUBLIK INDONESIA

P E N G U M U M A N
Nomor : KP.01.03-Mn/490

PENGADAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL
DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM

TINGKAT PASCA SARJANA (S.2) DAN SARJANA (S.1) UNTUK GOLONGAN III
TAHUN ANGGARAN 2009

Departemen PU Republik Indonesia membuka kesempatan kepada para Pasca Sarjana dan Sarjana bagi yang Berwarga Negara Indonesia baik pria maupun wanita untuk mengikuti seleksi pengadaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum yang akan ditempatkan baik di Pusat maupun di Daerah dengan ketentuan :

  1. KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN JUMLAH :

No.

JURUSAN/PROGRAM STUDI

JUMLAH FORMASI

Pasca Sarjana (S.2)

42

orang

1

Teknik Sipil Pengairan

20

orang

2

Teknik Sipil Jalan

9

orang

3

Teknik Sipil Konstruksi / Struktur

7

orang

4

Perencanaan Wilayah Kota

6

orang
Sarjana (S.1)

499

orang

1

Teknik Sipil Pengairan

85

orang

2

Teknik Sipil Jalan

84

orang

3

Teknik Sipil Konstruksi / Struktur

48

orang

4

Perencanaan Wilayah Kota

26

orang

5

Arsitektur

34

orang

6

Geodesi / Geodinamika

13

orang

7

Geologi / Geofisika / Geoteknik

9

orang

8

Teknik Lingkungan

29

orang

9

Teknik Mesin

7

orang

10

Teknik Industri

5

orang

11

Teknik Elektro Arus Lemah

5

orang

12

Geografi

7

orang

13

T.Informatika

28

orang

14

Manajemen Informatika

11

orang

15

Desain Grafis

2

orang

16

Statistik

5

orang

17

Hukum Perdata

20

orang

18

Ekonomi Akuntansi

27

orang

19

Ekonomi Manajemen

6

orang

20

Ekonomi Pembangunan

8

orang

21

Administrasi Negara

24

orang

22

Sosial

3

orang

23

Sosiologi

2

orang

24

Komunikasi / Publisistik

9

orang

25

Perpustakaan

2

orang
  1. PERSYARATAN UMUM :
    1. Warga Negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani.
    2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
    3. Tidak sedang terikat perjanjian / kontrak kerja dengan instansi pemerintah / swasta lain.
    4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS / PNS / Anggota TNI / Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
    5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS / PNS / Calon Anggota TNI / Polri serta Anggota TNI / Polri.
    6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.
    7. Minimal mengerti / mengetahui penggunaan dasar komputer (microsoft office) dan internet (browsing & surat elektronik)
  2. PERSYARATAN KHUSUS BAGI PELAMAR UMUM :
    1. Berijazah Pasca Sarjana (S2) dan atau Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta yang telah mendapat akreditasi (minimal B) atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Departemen Pendidikan Nasional, dengan persyaratan Indek Prestasi Komulatif (IPK): untuk S1 minimal 2,75 (dua koma tujuh lima), dan S2 minimal 3,25 (tiga koma dua lima). Bagi pelamar berpendidikan S.2 wajib melampirkan ijazah dan transkrip nilai jenjang S.1.
    2. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang tersedia yang ditetapkan oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.
    3. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) yang dibuktikan dengan hasil test kemampuan bahasa inggris yang masih berlaku yang diterbitkan pada tanggal 1 Oktober 2008 atau sesudahnya. Hasil Test yang diperbolehkan untuk dilampirkan adalah sebagai berikut :
  • EPT yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional (LBPP) LIA dengan nilai minimal : 450 untuk S.1 dan 475 untuk S.2.
  • TOEFL Ò IBT (Internet Base TOEFL) yang diterbitkan oleh The Indonesian International Education Foundation (IIEF) dengan nilai minimal 53 untuk S.1 dan 64 untuk S.2.
  • IELTS yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Australia (IDP) 4.5 untuk S.1, dan 5.5 untuk S.2.

4. U s i a :

  • Tidak lebih dari 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir pada 1 Desember 1981 atau sesudahnya) untuk tingkat Sarjana (S1).
  • Tidak lebih dari 30 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir pada 1 Desember 1979 atau sesudahnya) untuk tingkat Pasca Sarjana (S2).
  1. PERSYARATAN KHUSUS BAGI PEGAWAI TIDAK TETAP (PTT) DI LINGKUNGAN DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM :
    1. Merupakan pegawai yang tercatat dalam Database Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum. Bagi pegawai yang tidak tercatat, maka secara otomatis diperhitungkan sebagai pelamar umum.
    2. Berijazah Pasca Sarjana (S.2) dan atau Sarjana (S.1) dari Perguruan Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta yang telah mendapat terakreditasi atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Departemen Pendidikan Nasional. Bagi pelamar berpendidikan S.2 wajib melampirkan ijazah dan transkrip nilai jenjang S.1.
    3. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang tersedia yang ditetapkan oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.
    4. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) yang dibuktikan dengan hasil test kemampuan bahasa inggris yang masih berlaku yang diterbitkan pada tanggal 1 Oktober 2008 atau sesudahnya. Hasil Test yang diperbolehkan untuk dilampirkan adalah sebagai beriku :
  • EPT yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional (LBPP) LIA dengan nilai minimal : 450 untuk S.1 dan 475 untuk S.2.
  • TOEFL Ò IBT (Internet Base TOEFL) yang diterbitkan oleh The Indonesian International Education Foundation (IIEF) dengan nilai minimal 53 untuk S.1 dan 64 untuk S.2.
  • IELTS yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Australia (IDP) 4.5 untuk S.1, dan 5.5 untuk S.2.
  • TOEFL Prediction dari Perguruan Tinggi Negeri dengan nilai : 450 untuk S.1 dan 475 untuk S.2.

5. Berusia tidak lebih dari 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir pada 1 Desember 1974 atau sesudahnya) untuk tingkat Sarjana (S1) dan Pasca Sarjana (S.2).

6. Telah bekerja sebagai pegawai tidak tetap sebelum 1 April 2007 yang dinyatakan dengan Surat Keterangan dari Sekretaris Satminkal / Direktur / Kepala Biro / Kepala Pusat di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum.

  1. PENDAFTARAN :
    1. Proses pendaftaran Pelamar dapat dilihat melalui Website Departemen Pekerjaan Umum di http://www.pu.go.id.
    2. Bagi Pelamar yang telah melakukan pendaftaran dan secara system dinyatakan memenuhi syarat maka akan diberikan nomor berkas yang harus dicetak. Berkas tersebut untuk selanjutnya dikirimkan bersama persyaratan lain yang ditentukan.
    3. Periode Pendaftaran online dibuka mulai tanggal 3 s.d. 30 September 2009.
    4. Kelengkapan Berkas dapat dikirimkan setelah mendaftar secara online dan mendapatkan No. Berkas dan telah diterima panitia paling lambat tanggal 5 Oktober 2009 jam 15.00
    5. Pengiriman Berkas hanya melalui Kotak Pos 541 JKTM 12700 dan ditujukan kepada :

Ketua Panitia Pengadaan CPNS 2009
Departemen Pekerjaan Umum
Kotak Pos 541
JKTM 12700

  1. Kelengkapan lamaran bagi Pelamar Umum
  1. Hasil cetak Nomor Berkas sesuai yang diperoleh pada saat pendaftaran secara online, dibubuhi meterai dan ditandatangani.
  2. Dilengkapi dengan dokumen pendukung berupa :
    1. a.            Fotocopy ijazah S.2 atau S.1 berikut transkrip dari Perguruan Tinggi Negeri / Swasta yang sudah dilegalisir sesuai persyaratan :

§   Universitas / Institut, oleh Rektor / Dekan / Pembantu Dekan Bidang Akademik.

§   Sekolah Tinggi, oleh Ketua / Pembantu / Ketua Bidang Akademik.

§   Ijazah yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi Luar Negeri oleh Pejabat yang berwenang di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

  1. b.            1 (satu) Duplikat / fotocopy legalisir Sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris sesuai persyaratan.
  2. c.            3 (tiga) lembar pas photo ukuran 3 x 4 cm (berwarna) dan nama pelamar dituliskan di bagian belakang.
  3. d.            Fotocopy KTP yang masih berlaku.
  4. e.            Fotocopy Akte Kelahiran.
  5. f.            Surat Pernyataan yang bersangkutan bersedia ditempatkan di seluruh daerah di Indonesia.
  6. g.            Surat Pernyataan bersedia membayar ganti rugi pengunduran diri (bagi yang diterima dan mengundurkan diri) sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) bermeterai Rp. 6.000,- sesuai dengan contoh dalam website.
  7. h.            Khusus PTT dilengkapi dengan Surat Pernyataan dari Sekretaris Satminkal / Direktur / Kepala Biro / Kepala Pusat terkait dan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas..
  8. Berkas lamaran disusun rapi dalam map snelhecter dan dimasukkan dalam amplop berwarna coklat. Warna Map untuk pelamar umum : S.1 (kuning), S.2 (biru). Untuk Pegawai Tidak Tetap : S.1 (merah), S.2 (coklat).
  9. Cantumkan informasi pelamar pada amplop (disediakan oleh sistem pada saat selesai pendaftaran online).
  10. Berkas lamaran yang tidak lengkap atau terdapat perbedaan data antara database pelamar dengan berkas yang disampaikan akan dinyatakan tidak memenuhi syarat
  11. PENDAFTARAN :

Berikut adalah Tahapan dan Jadwal Seleksi dalam Pengadaan PNS Departemen PU Tahun 2009 :

No.

TAHAPAN / JADWAL SELEKSI

TANGGAL

1

Pendaftaran secara Online

3 – 30 Sept 2009

2

Penerimaan Berkas

3 Sept – 5 Okt 2009

3

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

11 Okt 2009

4

Pengambilan Tanda Peserta Ujian

14– 16 Okt 2009

5

Ujian Tertulis

17 Okt 2009

6

Pengumuman Hasil Test

24 Okt 2009

7

Pemberkasan Ulang

26 Okt – 6 Nov 2009

8

Penyampaian secara simbolis SK CPNS 2009

3 Des 2009

Seleksi dilakukan dengan tahapan (sistem gugur) sebagai berikut :

  1. a.            Seleksi Administratif dengan melihat pemenuhan persyaratan di atas, dan yang tidak memenuhi persyaratan akan gugur. Hanya mereka yang dinyatakan lulus seleksi administratif yang akan dipanggil untuk mengikuti ujian tulis melalui pengumuman di website Departemen Pekerjaan Umum dan papan pengumuman Departemen Pekerjaan Umum.
  2. b.            Bagi pelamar yang lulus Seleksi Administratif diharuskan untuk mengambil Tanda Peserta Ujian, waktu dan lokasi pengambilan Tanda Peserta Ujian akan ditentukan kemudian.
  3. c.            Tanda Peserta Seleksi Ujian Tertulis diambil sendiri oleh calon peserta (tidak dapat diwakilkan) dengan membawa dokumen asli berupa: ijazah, Sertifikat Kemampuan Berbahasa Inggris, transkrip nilai dan akte kelahiran untuk diperlihatkan kepada panitia.
  4. d.            Ujian tertulis meliputi Test Pengetahuan Umum (TPU) yang terdiri dari : Pengetahuan Ke-PU-an, Bahasa Indonesia, Pancasila, Tata Negara, Sejarah dan Kebijakan Pemerintah. Test Bakat Skolastik (TBS), Pengetahuan Khusus/Substansi, Test Skala Kematangan (TSK). Waktu dan lokasi Ujian Tertulis akan ditentukan kemudian.
  5. e.            Hasil Ujian tulis akan diumumkan melalui website Departemen Pekerjaan Umum dan papan pengumuman Departemen Pekerjaan Umum.
  6. LAIN-LAIN :
    1. a.            Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil Departemen Pekerjaan Umum tidak dipungut biaya.
    2. b.            Departemen PU tidak bertanggungjawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum – oknum yang mengatasnamakan Departemen Pekerjaan Umum atau Panitia sehingga peserta diharapkan tidak melayani tawaran – tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai Calon PNS.
    3. c.            Panitia membuka jalur pelayanan telephone (hotline) bagi para pelamar pada hari dan jam kerja (3 s.d. 30 September 2009, Senin – Jumat, 09:00 – 15:00 WIB) :

Persyaratan Administratif

Sistem Online

0857 163 55447 (Sdri. Wenny)
0857 163 55448 (Sdri. Dewi)

0857 163 55449 (Sdr. Sam)

  1. d.            Lamaran tanpa nomor berkas lamaran dianggap tidak berlaku dan tidak akan diperiksa oleh panitia. Panitia hanya memeriksa 1 (satu) berkas lamaran untuk 1 (satu) Nomor Berkas.
  2. e.            Surat Keterangan Kelulusan / Ijazah sementara dapat diterima, dengan syarat Pelamar dapat menyertakan Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh Pimpinan Universitas yang menyatakan bahwa pihak Universitas sudah dapat mengeluarkan ijazah asli yang bersangkutan pada saat yang bersangkutan mengambil Nomor Peserta Ujian. Bagi Pelamar yang tidak dapat menunjukkan Ijazah asli, maka yang bersangkutan tidak dapat mengambil Nomor Peserta Ujian.
  3. f.            Bagi Pelamar lulusan luar negeri harap melampirkan konversi transkrip nilai yang disahkan oleh Ditjen Dikti Depdiknas.
  4. g.            Berkas lamaran yang dikirimkan kepada Departemen Pekerjaan Umum sebelum pengumuman Pengadaan PNS Tahun 2009 dianggap tidak berlaku.
  5. h.            Berkas lamaran yang diterima panitia menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
  6. i.            Hal – hal lain yang berkaitan dengan pengadaan dan seleksi PNS Departemen Pekerjaan Umum Tahun 2009 dapat dilihat pada website Departemen PU (http://www.pu.go.id) dan para pelamar disarankan untuk terus memonitor perkembangannya.

Jakarta, 3 September 2009

A.N MENTERI PEKERJAAN UMUM
Sekretaris Jenderal

ttd

Ir. AGOES WIDJANARKO, MIP
NIP. 110023320

PERTANYAAN UMUM SEPUTAR PENG
ADAAN CPNS DI LINGKUNGAN
DEPARTEMEN PEKERJAA
N UMUM TAHUN 2009

1.
T : Apakah pelamar dengan jenjang pendidikan S2 boleh mendaftar dengan latar belakang S1 yang berbeda dengan jenjang S2?
J : Pelamar dengan jenjang pendidikan S2 dapat mendaftar sesuai bidang walaupun latar belakang pendidikan S1 berbeda dengan pendidikan S2.

2.
T: Mengapa tidak ada formasi D3, SLTA, atau S1 jurusan lainnya?
J: Jenjang pendidikan dan jurusan yang tersedia adalah jenjang pendidikan dan jurusan yang telah disetujui oleh Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, sehingga untuk jenjang pendidikan dan jurusan lainnya belum dapat kami terima.

3.
T : Apa harus melampirkan ijazah dan transkrip S1 bila melamar untuk jenjang S2?
J : Pelamar dengan jenjang pendidikan S2 diwajibkan melampirkan fotokopi ijazah dan transkrip nilai jenjang pendidikan S1.

4.
T : Dimanakah dapat diperoleh informasi akreditasi perguruan tinggi?
J : Informasi akreditasi perguruan tinggi bagi perguruan tinggi swasta umumnya sudah tercantum dalam ijazah, lengkap dengan peringkat  akreditasinya, atau dapat meminta keterangan dari perguruan tinggi ybs tentang akreditasinya. Ada baiknya bila
informasi atau keterangan akreditasi dilampirkan pula dalam berkas  lamaran. Akreditasi perguruan tinggi dapat pula dilihat di website Badan Akreditasi Nasional dengan alamat  http://www.ban-pt.or.id/

5.
T : Bolehkah menggunakan TOEFL yang bukan berasal dari LBPP-LIA, apakah sertifikat TOEFL harus dilegalisir, serta masa berlaku TOEFL?
J : Hasil TOEFL yang dapat digunakan sebagai persyaratan adalah hasil  TOEFL (English Proficiency Test/EPT) yang dikeluarkan oleh LBPP LIA, sedangkan dari lembaga lain tidak dapat kami terima. Khusus untuk International TOEFL®IBT atau TOEFL®PBT atau
IELTS diterbitkan oleh lembaga yang berwenang. Khusus untuk PTT, nilai TOEFL Prediction dapat diperoleh dari PTN. Pada prinsipnya seluruh dokumen yang disampaikan kepada Panitia adalah asli atau duplikat/fotocopy yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang. Masa berlaku TOEFL yang dapat diterima adalah test TOEFL yang dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2008 atau setelahnya.

6.
T : Berapa rangkap berkas lamaran yang harus disampaikan?
J : Berkas lamaran yang harus disampaikan kepada panitia adalah 1 (satu) rangkap dan disusun dalam satu map jepit dengan warna sesuai ketentuan.

7.
T : Bolehkah lamaran disampaikan secara langsung kepada Panitia?
J : Panitia tidak menerima lamaran secara langsung dari pelamar. Penyampaian lamaran dilakukan melalui pos atau jasa pengantaran/pengiriman dokumen. (lihat butir V.e)

8.
T : Berapa lama pelaksanaan tes tertulis?
J : Tes tertulis direncanakan akan dilaksanakan serentak dan terpusat di Jakarta, pada hari Sabtu, 17 Oktober 2009 (mulai pukul 08.00 sampai selesai)

9.
T : Bolehkah pengambilan Tanda Peserta Seleksi Ujian Tertulis (TPSUT) diwakilkan dan apa persyaratan mengambil TPSUT?
J : Pengambilan TPSUT tidak dapat diwakilkan, dan hanya dilayani pada tanggal 14–16 Oktober 2009 pada tempat dan jam yang ditentukan. Peserta yang dapat mengambil TPSUT adalah peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dengan membawa dokumen asli (lihat butir VI. c)

10.
T : Siapa saja yang dimaksud dengan pegawai tidak tetap?
J : Pegawai tidak tetap adalah pegawai yang dipekerjakan dalam jangka waktu tertentu dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan kegiatan di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum dan tidak termasuk dalam Daftar Pegawai Honorer yang telah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

11.
T : Siapa saja pegawai tidak tetap yang dapat melamar?
J : Pegawai tidak tetap yang dapat memasukkan lamaran adalah pegawai yang bekerja di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum mulai tanggal 1 Januari 2000 atau sebelum 1 April 2007 secara terus menerus dan memenuhi persyaratan lainnya (lihat butir IV). Ba
gi PTT yang bekerja setelah tanggal 1 April 2007 dapat melamar melalui jalur pelamar umum. Contoh : Pegawai tidak tetap yang mulai bekerja pada 1 Agustus 2005 secara terus menerus sampai saat ini dapat memasukkan lamaran sepanjang persyaratan lainnya memenuhi. (Demikian pula yang mulai bekerja antara tgl 1 Januari 2000 dan sebelum 1 April 2007 secara terus menerus).

12.
T : Apa perbedaan antara PTT Pusat dan PTT UPT/Balai?
J : PTT Pusat adalah PTT yang bekerja di lingkungan Dep. PU Pusat (unit organik), sedangkan PTT UPT/Balai adalah PTT yang bekerja di Balai Dep. PU.
Contoh : PTT pada Balai Diklat PU Wilayah VI Jakarta termasuk dalam PTT UPT/Balai, sedangkan PTT pada sub bagian Tata Usaha Pusat Litbang SDA di Bandung termasuk dalam PTT Pusat.

13.
T : Apakah pegawai harian proyek/pegawai honorer/tenaga honorer yang sudah terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Nasional dapat mengikuti pengadaan ini?
J : Bagi mereka yang telah terdaftar dalam database BKN tidak perlu mengikuti pengadaan ini. PHP/Tenaga honorer akan diangkat secara bertahap sesuai urutan prioritasnya sampai dengan tahun 2009.

14.
T : Siapakah yang membuat surat pernyataan bagi pegawai tidak tetap?
J : Surat Pernyataan bagi pegawai tidak tetap sesuai dengan format yang diperoleh pada saat pendaftaran online. Surat pernyataan dibuat dan ditandatangani oleh pimpinan unit kerja serta mengetahui/disahkan kebenarannya oleh Pejabat Eselon II.a di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum (Sekretaris satminkal, Direktur, Kepala Biro, dan Kepala Pusat).

15.
T  : Apa yang dimaksud dengan SK Pertama dan TMT?
J  : yang dimaksud dengan SK Pertama adalah Surat Keputusan Pengangkatan Pertama, tanggal SK adalah tanggal ditandatanganinya SK Pertama, sedangkan TMT adalah tanggal mulai bekerja pertama kali di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum (khusus bagi Pegawai Tidak Tetap).

16.
T : Bagi yang menggunakan Surat Keterangan Lulus, persyaratan apa saja yang harus dilengkapi?
J : bagi pelamar yang menggunakan Surat Keterangan Lulus harus memenuhi kriteria sebagai berikut : a. Surat Keterangan Lulus yang dilampirkan harus ASLI, b. pelamar dinyatakan lulus pada periode Maret – Agustus 2009, c. menyertakan surat pernyataan kesanggupan menunjukkan ijazah asli pada saat pendaftaran ulang, d. membawa surat keterangan dari Perguruan Tinggi bahwa
ijazah ybs akan dapat diterbitkan sebelum pelamar melakukan pendaftaran ulang.

5 thoughts on “Pengadaan CPNS 2009 Online (www.pu.go.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s