MEMBUAT AKUARIUM LAUT


Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat akuarium air laut sederhana?

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

1. Akuarium kaca

Sebaiknya pilih akuarium yang tidak terlalu tinggi agar mudah dibersihkan. Akuarium juga sebaiknya terbuat dari kaca, bukan acrylic (plastik). Keunggulan kaca dibanding acrylic adalah bahwa kaca lebih tahan terhadap goresan. Kadang interior akuarium bisa terkena batu karang dimana jika akuarium terbuat dari acrylic pasti akan tergores. Volume akuarium sebaiknya tidak kurang dari 45 liter.

 

 

 

 

2. Pompa celup

Pompa celup mempunyai kapasitas yang beragam. Pompa dengan kapasitas 1000 liter/jam cukup untuk memberikan arus bagi sebuah akuarium dengan panjang 90cm. Untuk akuarium yang lebih besar bisa digunakan pompa dengan kapasitas lebih besar atau gabungan dari beberapa pompa berkapasitas sedang atau kecil.

 

 

 

 

3. Protein skimmer (filter)

Pada dasarnya, akuarium laut tidak berbeda dengan akuarium lain. Yang berbeda adalah sistem filternya. Pada akuarium laut, filter terletak di bagian bawah. Air dari bawah dipompa ke atas, turun ke bawah dan disaring lagi. Filter yang digunakan pada akuarium laut biasanya disebut protein skimmer. Fungsinya untuk mengeluarkan kotoran protein dari akuarium sehingga air selalu bersih. Protein skimmer juga mempunyai ragam kapasitas. Gunakanlah protein skimmer dengan ukuran yang sesuai dengan besar akuarium Anda.

 

 

 

 

4. Lampu

Lampu juga diperlukan akuarium laut sebagai pengganti matahari bagi terumbu karang. Untuk setiap liter air dibutuhkan setengah watt cahaya lampu. Satu hal yang harus diperhatikan dalam pencahayaan, sebaiknya gunakan lampu khusus.

 

5. Air laut

Air laut bisa didapatkan di toko-toko terdekat. Harganya relatif murah tetapi yang perlu diperhatikan adalah salinitas air laut. Jika Anda membeli air laut, periksalah salinitas air laut, harus sesuai dengan salinitas air laut alami. Jika salinitasnya kurang, maka harus ditambahkan garam setelah terjadi penguapan pada akuarium Anda. Sedangkan jika salinitas berlebihan, maka cukup ditambahkan air tawar yang tidak mengandung zat besi. Hal ini sangat penting karena ikan akan stres bahkan mati jika air akuarium tidak sesuai dengan habitat aslinya. Setiap bulan, sebaiknya ganti 5-10% air akuarium agar kondisi air tetap terjaga. Jangan terlalu banyak mengganti air karena ikan bisa stres atau bahkan mati.

back to top

Bagaimana cara membuat akuarium?

 

Cara Membuat Akuarium Laut

Pertama, bersihkan dan bilas akuarium dengan air tawar. Jangan menggunakan sabun dan detergen lainnya. Detergen adalah bahan non-biologis yang dapat mencemari akuarium anda.

Lalu, aturlah perlengkap anda, mulailah dengan skimmer. Letakkan skimmer di tempat dimana dia tidak terlalu mengganggu pemandangan, biasanya di sisi kanan/kiri belakang. Bisa juga di sisi belakang akuarium, menghadap ke depan.

Langkah berikutnya adalah memasang powerhead. Powerhead sebaiknya ditempatkan di sisi kiri atau kanan akuarium dengan moncong arus dihadapkan ke tengah akuarium. Ini akan memberikan arus sepanjang sisi depan akuarium. Jangan lupa untuk memasang saringan pada lubang sedotnya untuk melindungi agar ikan tidak tersedot jika lewat di dekatnya. Setelah itu, masukkan pasir dan batu karang. Susunlah batu karang sedemikian rupa agar selain memberikan keindahan juga dapat menjadi tempat bagi ikan-ikan yang akan dipelihara.

Selanjutnya, masukkan air tawar terlebih dahulu pada akuarium anda. Setelah anda memasukkan air ke dalam akuarium anda, maka yang terjadi adalah proses inisial; dimana pada hari-hari awal, jasad dari makhluk-makhluk yang berasal dari terumbu karang mulai terlarut dalam air yang mengakibatkan naiknya kadar amonia dan nitrit dalam air. Karena amonia dan nitrit sangat beracun bagi makhluk hidup, maka jangan masukkan ikan terlebih dahulu.

Tunggulah sampai air benar-benar bersih yaitu dengan mendiamkannya selama beberapa waktu. Setelah memasukkan air tawar ke akuarium, jalankan powerhead-nya, tapi jangan jalankan skimmer. Skimmer hanya dirancang untuk bekerja lebih efisien pada air laut saja bukan untuk air tawar, lagipula penggunaan skimmer pada masa ini di luar kemampuan skimmer yang dirancang untuk akuarium tersebut, dengan kata lain: sama sekali tidak berguna.

Jika powerhead sudah berjalan selama sepekan lebih, maka jasad-jasad makhluk-makhluk yang pernah hidup di batu karang akan larut hampir semuanya, bergantung pada kemampuan powerhead yang digunakan untuk menciptakan arus. Puncak dari masa ini ditandai dengan warna air yang berubah kecoklatan, berbau dan keruh. Pada saat ini buanglah semua air tawar tersebut dan gantilah dengan air laut.

air laut dimasukkan, kembali jalankan powerhead, kali ini disertai dengan penggunaan skimmer. Setelah beberapa waktu (biasanya 4-7 hari) maka kadar amonia sudah turun, diikuti juga dengan kadar nitritnya (nitrit atau NO2 bisa dicek dengan test kit untuk NO2 yang dapat dibeli di toko-toko ikan terdekat). Hal ini menunjukkan bahwa mikroba-mikroba pencerna nitrit telah berbiak dan bekerja dengan baik. Jika kadar nitrit telah berada di bawah angka 0.3mg/L, maka ikan-ikan hias siap untuk ditempatkan di akuarium ini.

 

back to top

 

Hal-hal yang harus diperhatikan:

Penempatan akuarium

Akuarium dapat ditempatkan di mana saja, baik di dalam ruangan, ruang keluarga, ruang belajar bahkan di teras rumah. Hal yang perlu diperhatikan adalah sinar matahari dan temperatur air.

 

 

 

 

 

Pencahayaan

Pencahayaan pada akuarium harus diperhatikan. Sinar matahari yang cukup kuat dapat menyebabkan pesatnya pertumbuhan lapisan lumut tipis kehijauan pada kaca. Sebaiknya letakkan akuarium di ruang keluarga agar sinar matahari yang masuk tidak terlalu banyak. Selain itu, sinar matahari juga menaikkan temperatur air.

Temperatur

Temperatur ruang mempengaruhi temperatur air dalam akuarium. Temperatur ideal untuk pemeliharaan ikan air laut adalah 24 °C sampai dengan 29 °C, di mana temperatur terbaik adalah pada kisaran 25 °C. Tetapi bukan berarti penghobi yang tinggal di kota-kota berhawa panas di Indonesia tidak dapat menikmati keindahan ikan laut karena masalah temperatur ini. Pada kota-kota seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dan lain-lain, biasanya akan didapatkan temperatur air pada kisaran 28-29 °C. Banyak ikan laut yang bisa dipelihara pada temperatur ini atau bisa juga menggunakan Chiller untuk menurunkan temperatur air.

 

 

 

Inilah bagian belakang akuarium laut beserta peralatannya.

 

 

back to top

 

Biaya yang Diperlukan Untuk Membuat Akuarium
(sumber: forum.detik.com/showthread.php?t=1657&page=2)

 

Biaya tergantung Filterisasi, kalo Aquariumnya jelas harganya bervariasi.

Peralatan MINIMAL untuk Aquarium laut diantaranya:

Pompa bawah Air
Berguna untuk sirkulasi air laut dari tempat / tangki filterisasi menuju kembali ke aquarium, tembakkan air yg keluar dari pompa ke atas pemukaan air di aquarium hingga tercipta buih untuk memaksimalkan oksigen di dalam aquarium. Jika tidak tercipta buih, rapatkan / gepengkan ujung selang agar tercipta tembakkan air yg lebih kencang.
Harga mulai : Rp 30.000 hingga jutaan


Skimmer
Berguna untuk menyaring gas atau cairan yg bersifat racun dari air aquarium, spt kencing & kotoran ikan, juga gas-gas yg tercipta akibat pembusukan.
Ada 2 jenis skimmer, yg digerakkan oleh pompa arus (spt gambar nomer 1 diatas) atau dengan pompa aerator (pompa udara).
Juga ada yg dijual hanya skimmernya atau sekaligus beserta pompa arus atau aerator (pompa udara)
Harga mulai : Rp 35.000 hingga jutaan

Bahan MINIMAL untuk Aquarium laut diantaranya:

Batu Koral
Sebagai alas di dalam aquarium, tinggi minimal kira² 2 cm atau lebih. Untuk batu yg karungan harus dicuci bersih dan harganya lebih murah dibanding yg telah direndam oleh pedagangnya, tapi yg sudah direndam tidak perlu dicuci, tinggal dibilas oleh air laut dan dpt langsung dimasukkan ke aquarium.
Harga berkisar Rp 5000 – Rp 15.000 per karung.


Batu Karang
Sama seperti Batu koral ada yg kering (ditumpuk diluar toko) dan harus dicuci dan ada juga yg sudah direndam berminggu² tinggal cemplungin.
Harga satu karang berkisar Rp 5000 – Rp 20.000 per batu.


Air Laut
Air laut ada yg murah juga ada yg mahalan, tergantung dari kualitas lama tidaknya di bak penampungan, dari kualitas plankton atau dari kualitas airnya itu sendiri berpenyakit atau tidak.
Harga per galon (20-25 liter) berkisar Rp. 2000 – 5000.

 

sumber : http://saltwateraquarium.110mb.com

About these ads

3 thoughts on “MEMBUAT AKUARIUM LAUT

  1. Pembuatan Aquarium Ikan Hias Laut di jakarta sesuai desain dan Pesanan
    Ibu Merie 08179170791
    Aquarium Ikan Hias laut Jakarta, Ibu Merie 08179170791
    http://merieminasamudra.indonetwork.co.id/
    Aquarium Ikan Hias Laut Minimalis
    Aquarium Ikan Hias Laut Dinding Minimalis
    Aquarium Ikan Hias Laut Jakarta, Pengadaan/ pembuatan aquarium air laut, Service filter dan aquarium air laut, jasa perawatan aquarium ikan hias air laut,Dekorasi dan Cuci kuras aquarium,
    Ibu Merie 081791701791

  2. ukuran aquarium aer laut plng kcl sbrpa ych n pa fltere msti d bwah …….tlng bntuane donk .aq pemula n pngn pnya aquarium y mnimals

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s