Tips Transfer Real-time Online antara Rek. BCA dan Bank Lain


Saya sudah membatasi pemakaian ATM BCA, sebagian saya pindahkan ke ATM  Mandiri (transfer antar rekening, payment dan purchasing (spt top up voucher)….

Tetapi kebutuhan memakai rek BCA sepertinya belum bisa saya hentikan sama sekali, pasalnya masih sering harus saling transfer realtime online ke rek BCA. Masih saja saya tetap harus transfer ke rek BCA karena komunitas saya masih ada yang belum buka rek Mandiri atau rek lain yang anggota ATM Bersama, kebetulan ATM Bersama adalah produk Artajasa anak perusahaan dari kantor saya: Lintasarta.

Biasanya tidak menjadi masalah karena umumnya bank-bank ini tergabung dalam jaringan ATM Bersama. Masalah baru timbul jika transaksi melibatkan BCA. BCA adalah salah satu bank yang nasabahnya paling banyak di Indonesia, dan dengan demikian cukup banyak transaksi yang melibatkan BCA. Sayangnya BCA adalah satu-satunya bank yang tidak tergabung dalam jaringan ATM Bersama.

Umumnya jika ingin mentransfer dana dari atau ke BCA, solusinya hanyalah dengan SKN yang dananya baru efektif tertransfer setelah dua atau tiga hari dengan biaya rp.7500/trx. Alternatif lain adalah dengan RTGS yang lebih cepat dari SKN (transaksi selesai maksimal satu hari kerja), tapi tidak seketika sebagaimana transaksi ATM Bersama.

Selain itu biaya RTGS lebih mahal daripada ATM Bersama atau SKN (dengan biaya 15 ribu sekali transfer, dibanding dengan pakai cara Transfer dua tahap: 5 rb + 5rb per transfer).

Cara saya untuk bisa melakukan transfer dari dan ke rekening BCA secara seketika adalah dengan memakai rekening bank lain yang terhubung pada jaringan ATM Bersama dan sekaligus juga jaringan Prima (jaringan ATM milik BCA), dalam hal ini saya memakai rek Bank Permata (*).

Rekening bank yang saya pakai adalah Bank Permata. Jika misalnya saya ingin mentransfer dana dari Bank Mandiri ke BCA secara seketika, saya cukup mencari tempat dimana ada ATM member ATM Bersama dan ATM BCA/ATM member ATM Prima  sekaligus (mudah ditemukan).

Catatan: (*) Selain Permata yang bisa pakai adalah ABN AMRO Bank, BPD Kalimantan Timur, BPD Sulawesi Selatan, BRI, Bukopin, Eksekutif, Mayapada, Mega, Muamalat, NISP, Nusantara Parahyangan, Papua, Syariah Mandiri, UOB Buana.

Untuk melakukannya:

  • pertama saya transfer dana dari Bank Mandiri ke Permata melalui jaringan ATM Bersama (dikenakan biaya Rp 5000) dengan kartu ATM Mandiri, dan
  • setelah itu dana saya transfer dari Permata ke BCA melalui ATM BCA (dikenakan biaya Rp 5000) dengan kartu ATM Permata.

Kedua transfer tsb JUGA bisa kita lakukan di satu macam ATM saja yang merupakan anggota ATM Bersama dan ATM Prima/BCA sekaligus, lihat Catatan: (*). Seperti di ATM BRI, Permata, Bukopin, Mega, Muamalat, NISP, Syariah Mandiri, UOB Buana.

Total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 10 ribu. Maksimum besar transaksi adalah Rp 10 juta dari ATM Bersama Mandiri ke Permata dan 10 juta dari ATM Prima Permata ke BCA. Sedangkan batas transaksi maksimum per hari adalah Rp. 25 juta.

Belakangan saya sering pakai RTGS lewat internet banking juga jadi solusi favorit saya, terutama jika saya tidak sempat ke mesin ATM, tidak real time tapi masih dalam < 1 jam.

Komparasi dibanding solusi RTGS:

Kelemahan RTGS:

  • Tidak realtime online tetapi masih dalam hitungan menit, selama transaksi dilakukan sebelum batas waktu.
  • Waktu kerja dibatasi hanya hari kerja adalah s/d jam 15.30 WIB (GMT +07:00), hari libur tutup
  • Biaya transfer RTGS adalah Rp. 15.000,- per transaksi.

Kelebihan RTGS:

  • Limit maksimal transaksi bisa s/d Rp. 100.000.000,-per hari.

Berikut Daftar Selengkapnya Jaringan Bank ATM Bersama dan ATM Prima/BCA: http://www.ziddu.com/download/8826206/DaftarMemberATMBersamadanATMRintis.pdf.html

 

sumber : http://budiwiyono.com

One thought on “Tips Transfer Real-time Online antara Rek. BCA dan Bank Lain

  1. Pingback: online

Leave a Reply

